Saturday, December 12, 2020

JADILAH MUSLIM YANG KAYA DAN DERMAWAN

 

Kyai Kaya


Orang kaya siapa pun dia dan dimana pun tinggalnya selalu memiliki pemuja. Masyarakat cenderung menjadikan para hartawan sebagai publick figure dan rule model bagi anak-anaknya. Apalagi jika si orang kaya tersebut seorang alim yang mengerti dan melaksanakan syari’at agama, tentunya kekaguman masyarakat akan menjadi berlipat ganda.

Di sebuah kampung dekat kantor kecamatan tinggal seorang kiyai yang dikenal bisa mengobati berbagai penyakit. Pengobatan alternatif yang dia jalankan dengan ramuan bahan-bahan alamiterkenal ampuh mengusir penyakit sehingga setiap hari pasiennya berbondong-bondong mendatangi rumah pak kyai. Rumah beliau pun berubah menjadi klinik masyarakat karena mayoritas dipenuhi oleh kalangan bawah yang mencari pengobatan berbiaya ringan.

Meskipun diakui kepatenannya, pak kyai tidak pernah meminta bayaran kepada  para pasien. Mereka hanya menyimpan amplop di tempat duduk pak kyai yang isinya tergantung kemampuan. Jadi klinik kesehatan ini bukan klinik komersial yang dapat menjadikan pemiliknya kaya raya. Namun demikian, Allah Maha Melihat, kebaikan hati pak kyai mengobati tanpa pamrih dibalas dengan kebaikan hamba-hamba Allah yang bergelimang harta. 

Dari ratusan bahkan ribuan pasiennya, terselip beberapa puluh orang yang termasuk pengusaha besar. Mereka datang ke klinik pak kyai karena dokterdan peralatan medis mosern sudah tidak mampu menangani panyakitnya. Al-hasil berkat keridhaan Allah, penyakit mereka sembuh setelah berobat di klinik pak kyai. Bahkan ada beberapa orang yang langsung menghadiahkan kendaraan roda empat keluaran terbaru.

Tambah hari pasien bertambah banyak. Pak kyai sudah tidak sanggup menangani sendiri, beliau pun mempekerjakan beberapa orang untuk membantu tugasnya di klinik kesehatan. Masyarakat mendapat berkah dari kemajuan klinik pak kyai. Banyaknya pasien yang datang membawa rejeki yang beragam; ada yang berjualan, mengatur parkir, bahkan ada juga warga yang menyewakan kamar bagi keluarga pasien yang mau menginap.

Tanpa disadari pak kyai sekarang telah dianggap sebagai orang paling kaya oleh warga. Segala kemewahan ada di dalam rumahnya; furniture berkelas, pendingin ruangan, alat-alat elektronik, buah-buahan segar di dalam lemari pendingin, bahan makanan di dapur yang tidak akan habis dimakan satu bulan, dan lain sebagainya.

Banyak warga bermimpi hidup seperti pak kyai, bergelimang harta tanpa bekerja keras karena sudah banyak asisten yang melaksanakan pekerjaannya. Mereka berangan-angan bisa membeli tanah berhektar-hektar, membagikan sembako kepada fakir miskin setiap awal bulan, memberi uang anak yatim setiap ada kesempatan, meyumbang pembangunan masjid, membangun beberapa rumah untuk anak-anak, dan lain sebagainya seperti yang dilakukan pak kyai dengan uangnya.

Mereka berharap jika tidak bisa melakukannya sekarang, mungkin besok selepas bangun tidur bisa melakukannya. Namun, sayang esok pagi tidak terjadi perubahan. Mereka pun berharap pada minggu depan, selanjutnya bulan depan dan tahun depan. Karena mereka hanya berharap, harapannya tidak pernah bisa menjadi nyata. Akhirnya warga menyerah, berhenti berharap dan menjalankan hidup dalam kekecewaan. 


BE CONTINUED.......

No comments:

Post a Comment

Keotentikan Al-Quran

     Al-Quran Al-Karim memperkenalkan dirinya dengan berbagai ciri dan sifat. Salah satu di antaranya adalah bahwa ia merupakan kitab yang k...